Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Masuk FK

KEDOKTERAN

   Kedokteran adalah sesuatu hal yang sangat diminati. Sewaktu kita kecil, kita pasti tidak jarang mendengar seseorang bercita-cita menjadi dokter, atau mungkin kita adalah orang yang bercita-cita akan hal itu.


Tetapi Apa sebenarnya ekspektasi kalian dari program studi tersebut?

    Jika dilihat, banyak pendapat beragam terkait tujuan mereka untuk masuk dalam bidang ini. Namun sebenarnya bagaimana kehidupan dan realita di dalamnya? Mengingat tidak semua memiliki kerabat dalam bidang tersebut. Atau mungkin kamu adalah pembuka jalan disana? Ada beberapa realita yang perlu kalian tahu terkait hal tersebut di awal nanti

  • MENJADI DOKTER ITU MARATON BUKAN SPRINT
Ini adalah sebuat kalimat yang sempat aku dapatkan tepat sebelum aku masuk kuliah, dan aku sadar memang benar adanya. Kehidupan dikedokteran tidak bisa kita lakukan dengan sekejap mata atau secepat kilat. Misal contoh dekatnya yaitu sistem SKS. Sistem Kebut semalam ini sangat amat tidak bisa dilakukan anak kedokteran. Semua harus dicicil untuk mendapat hasil yang baik.

  • BELAJAR SEUMUR HIDUP
Menjadi dokter adalah tugas mulia. Menolong orang lain bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi ini menyangkut nyawa yang tidak bisa digantikan. Jadi semua hal harus dilakukan hati-hati dan pengetahuan terus terperbaharui. Ilmu pengetahuan maupaun informasi selalu terperbaharui dan tentu akan memberikan pengobatan yang lebih efektif. UNtuk itu kita perlu untuk selalu belajar.
  • GAJI
Jika kita melihat hal ini, kita akan kecewa. Mengingat biaya kuliah yang tidak sedikit. Kira-kira bahasa kasarnya, untuk balik modal itu susah. Jadi itu lebih kepada supaya kita memiliki skill untuk hidup. Karena aku mempunyai beberapa kenalan yang mengikuti jurusan ini dan  akhirnya memilih tidak bekerja sebagai dokter lantaran gaji yang dirasa kecil. Sehingga jika memiliki tujuan "jadi dokter untuk jadi kaya" kita sebaiknya berpikir ulang. Kecuali mungkin kita sudah punya modal untuk membuka usaha ataupun lainnya. Dan jika memiliki tujuan untuk uang, maka kita akan menjadi tidak mementingkan pasien lagi. 
  • PRAKTEK
Kedokteran itu tidak terlepas dari manusia dan penyakit. Luka, nanah, darah dan lainnya adalah hal umum yang mungkin kita lihat dalam kehidupan menjadi dokter nantinya. Begitupun dengan masa pendidikannya. Pada masa pendidikannya kita tentunya akan belajar mengenai hal tersebut, yakni menegai manusia kondisi normal maupun patologisnya atau tidak normalnya (penyakit). Dimana kita akan melihat cadaver atau jenazah yang digunakan mahasiswa kedokteran untuk belajar anatomi, cacing untuk belajar parasitologi, darah,  gambar organ tubuh dan lainnya. Namun seperti pepatah mengatakan "Alah bisa karena Biasa" mungkin kita akan merasa aneh awalnya, namun lama kelamaan akan menjadi biasa juga. 
  • UJIAN SETIAP WAKTU
Sebagai calon-calon anak FK, kalian pasti juga sudah mengetahui hal ini dari research yang telah kalian lakukan. Setiap bulannya, pasti ada saja ujian yang dilakukan anak FK. Mungkin namanya tidak hanya ujian, namun ada istilah lain seperti responsi dan lainnya. Tetapi aku yakin, kalian bisa menghadapinya. Seperti halnya ujian bulanan yang selalu dilakukan anak sekolah, lama-kelamaan kalian pasti akan terbiasa dengan kesibukan ini.  


    Terlepas dari realita-realita tersebut, tidak perlu takut untuk jadi dokter. Inti dari pembahasan dan semua penjelasan ini adalah terkait tujuan kita. Dari sini kita tahu, jika tujuan kita menjadi dokter adalah uang, gelar, atau hal lain diluar dari realitanya mungkin kalian bisa melakukan penelusuran lebih lanjut apakah memang cocok dengan bidang ini. Namun jika tujuan kalian memang membantu orang lain, sepertinya kalian ada di pilihan dan jalan yang benar. Meski berat, kita bisa belajar dan pasti bisa melaluinya. SEMANGAT, karena tujuan awal inilah yang akan meyemangati kalian dikala krisis akan diri kalian nantinya.

    Tentukanlah dan pilihkan bidang yang memang cocok dan kamu gemari. Karena ada sebuah kaliamat yang pernah aku dengar berkata, "Pilihlah Jurusan yang memang kamu  minati Bukan pilih karena Universitasnya. Karena salah Universitas penyesalannya 3,5 tahun, salah jurusan penyesalannya seumur hidup."

Selamat menentukan ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Wajib dilakukan Anak SNMPTN Selama Liburan