Hal Yang Wajib dilakukan Anak SNMPTN Selama Liburan

  Hal Yang Wajib dilakukan Anak SNMPTN Selama Liburan

    Hallo, selamat ya buat kamu yang udah lulus lewat jalur SNMPTN ini. Jalur yang gak ada orang yang bisa prediksi kelolosannya. Hehe. Untuk yang lolos dari jalur ini pastinya bingung ya ngapain aja selama masa-masa sebelum mau masuk kuliah nanti. Ada yang bilang nikmatin aja dulu, ada yang bilang belajar, ada yang bilang nongkrong aja. Tapi berdasarkan pengalaman aku ada nih hal positif yang bisa kamu lakuin selama masa penantian ini. Yang dimana aku dulu, belum kepikiran. Tapi setelah masuk kuliah baru mikir, "kenapa ya aku engga lakuin ini kemarin". Tapi tenang aja. Disini aku bakal ngasih referensi hal-hal positif yang bisa ngembangin diri kamu, yang bisa dilakuin sebelum masuk kuliah nanti.

1. Cari Info Kampus dan Perkuliahan Sesuai jurusan kalian

Ini adalah hal yang paling wajib kamu cari. "gimana nanti perkuliahannya, hal apa yang perlu dipersiapin, daftar ulang, pembayaran UKT, Info grup maba dari bem atau organisasi jurusan, dan lainnya. Kalian mungkin bisa tau info-info penting dengan follow dulu akun bem atau dari website universitas kalian.

2. Cari Informasi tentang Kost/ Kontrakan/ Tempat Tinggal

Untuk ini diperlukan buat kalian yang mau ngekost, terutama buat yang kuliah diluar daerah. Untuk kalian yang kuliah diluar daerah tempat tinggal kalian, mungkin kalian udah bisa nih cari-cari informasi kontak rumah kost didekat kampus dan sebagainya. Untuk yang mau ngontrak rumah juga boleh.  Untuk yang mau tinggal dirumah saudaranya, mungkin udah bisa hubungin saudara, tanya-tanya tentang kalau kalian tinggal disitu. 

Hal-hal yang mungkin bisa ditanyain terkait tempat tinggal ini misalnya, kondisi kamar atau luas kamarnya supaya kalian tau dan bisa persiapin barang-barang kamarnya, kamar mandi dalam atau tidak, lokasi tempat dekat kampus atau agak jauh dari kampus, tempat makan terdekat, laundry tedekat kalau kalian emang mau laundry nanti, toko sembako atau minimarket terdekat, angkutan umum apa yang bisa dipakai ke kampus kalau kalian ga punya kendaraan pribadi.

3. Cari Teman

Ini adalah salah satu hal yang penting juga. Dengan cari teman sekampus sejurusan, kalian bisa saling mengingatkan dan memberitahu tentang informasi-informasi terbaru terkait kampus kalian Selain itu, untuk kalian yang mau ngontrak rumah, tapi rumahnya terlalu besar atau takut sendirian atau mungkin budget pas-pasan atau harganya terlalu mahal banget mungkin bisa kontrak rumah bareng teman kalian itu. Dan untuk ospek nanti setidaknya udah punya kenalan deh.

4. Kewajiban Mahasiswa dari Jurusan

Untuk poin ini, mungkin kalian bisa tanya sama kakak tingkat kalian. Misalnya kalau di aku ada tuh namanya SKP. Jadi kita harus ngumpulin poin gitu, salah satunya dari pelatihan atau seminar. Jadi selama nunggu waktu masuk kuliah udah bisa ikut-ikut seminar. Gampangnya bisar lebih ga rugi ikutin yang Webinar gratis aja dulu. Nanti kalau udah masuk kuliah, kalian udah ngejalanin pasti lebih ngerti tentang kewajiban ini dan mungkin bisa ikut yang berbayar. Contoh lain dikampus aku itu bakal ada tes TOEFL, mungkin dari sekarang udah bisa cari les atau otodidak atau les gratis.

5. Gali Lagi Informasi Pelajaran Dasar Sesuai Jurusan

Penting banget untuk kalian lakuin nih, biar nanti kalian engga terlalu terjejut dengan semua yang ada di universitas. Jadi selama kalian belajar atau dosen nerangin, setidaknya kalian bisa mengerti karena tau dasar-dasarnya tadi. Jadi lebih gampang deh.

6. Nikmatin Masa Libur Kalian Untuk Hal Berguna

Nah, kalau poin yang ini penting juga nih. Kalian nikmatin dulu libur kalian sebelum nantinya harus mulai belajar yang fokus. Mungkin kalau kalian suka main game, bisa sisihin sedit waktu kalian, kalau kalian mau jalan-jalan, mungkin bisa atur waktu beberapa kali jalan jalan, mungkin kalian mau nonton film juga boleh. Pokoknya tetep sediain waktu untuk istirahat. Selain itu bisa buat goals juga. Misal mau lebih tinggi, atau mau hilangin jerawat dan lain-lain. 

Untuk kalian semua semangat ya. perjuangan kalian masih panjang. Tetap ingat buat selalu produktiff. jangan jadi malas ya. Semangat Semuaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Sebelum Masuk FK